Monday, September 22, 2014

こんにちは![ konichiwa! ]

Pada bulan Desember 2012 sampai Januari 2014, aku berlibur ke Jepang selama 7 hari. Disana, aku melakukan banyak sekali hal yang tidak pernah aku lupakan, walaupun hanya 1 minggu saja. Semua yang aku lakukan disana seru! Aku dan keluargaku memilih untuk pergi ke sana pada akhir tahun, karena pada saat itu, musim nya sedang musim salju, jadi sekalian lah merasakan salju.

Jadi, aku memulai perjalanan ku dengan berangkat ke bandara dan menunggu pesawat Air Asia untuk pergi ke Jepang. Tentunya, aku transit dulu di Malaysia. Dari Jakarta ke Malaysia memakan waktu 1 jam 30 menit dan harus menunggu selama 3 jam. Lalu, pesawat ku sudah siap untuk berangkat ke Jepang dan itu memakan waktu yang lama, yaitu 8 jam.

---

Sesampainya aku di Jepang, aku langsung kedinginan karena dingin sekali di bandaranya, tetapi di Tokyo tidak ada salju. Aku mendarat di bandara Haneda, Tokyo. Bandaranya bersih sekali termasuk toiletnya, selain itu, bandaranya juga sangat bagus dan besar. Kalau di Jepang, jarang sekali aku naik mobil. Disana, aku menggunakan sinkasen dan kereta biasa.

Aku menaiki kereta dan menuju ke Nagano, tempat yang ada saljunya. Disana, aku bermain salju dan pergi ke tempat rental barang barang ski, lalu aku main ski. Sebelum aku pergi ke tempat ski nya, aku un-pack barang barangku dulu di hotel sederhana Jepang yang simple tapi keren. Di hotel itu tidak ada tempat tidur, tapi disediakan kasur empuk yang nanti disusun sendiri dan bantal dan selimut juga. Aku hanya menginap di Nagano selama 3 hari 2 malam.

Setelah pulang dari Nagano, aku pulang ke Tokyo dan menginap di apartemen obachan ( nenek ) agar tidak perlu bayar hotel lagi. Aku mengunjungi banyak tempat yang lain, seperti harajuku, patung hachiko dan masih banyak lagi. Lalu, setelah jalan - jalan dan belanja - belanja, target yang pasti dikunjungi adalah, DISNEYLAND dan DISNEY SEA! perbedeaan antara disneyland dan disney sea adalah, kalau disneyland itu lebih ke anak - anak, kalau disney sea itu, tempat yang ada roller coasternya, yang ada game - game seru gitu deh.

---
Aku mungkin tidak bisa menuliskan apa yang aku lakukan setiap hari disana, tapi aku tulis apa yang menurutku seru dan yang menjadi main attraction banyak orang. Semoga aku bisa kesana lagi dengan waktu yang lebih lama.

Biopori Yang Berguna

OSIS SMP Tara Salvia kali ini, melanjutkan lubang biopori yang belum selesai dilakukan. Jadi, lubang biopori ini berguna untuk metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama bioporiSelain IPB yang menjadi inventor biopori, berbagai kampus lain kini telah memulai membuat biopori untuk penghijauan.